-->

Jarang yang Tahu, Ternyata ini Fungsi Tombol Menu pada Keyboard

Tombol menu pada keyboard seperti terdengar asing bagi telinga kita. Tapi tahukah Anda bahwa pada keyboard komputer / laptop terdapat tombol menu? Dimana Anda dapat menemukan tombol tersebut?

Tombol menu terletak pada sebelah kanan tombol spasi, tepatnya disebelah kiri tombol Ctrl kanan (terletak diantara tombol Alt kanan dan Ctrl kanan). Perhatikan gambar dibawah.
Letak tombol menu pada keyboard
Ilustrasi Keyboard - Sumber gambar: pixabay.com
Sebenarnya kalau kita perhatikan pada beberapa model keyboard entah itu keyboard PC desktop atau keyboard laptop terdapat susunan yang sedikit berbeda.
Beberapa keyboard yang lebih kecil, seperti keyboard laptop mengabaikan tombol menu untuk menghemat ruang, dan keyboard lain yang berukuran lebih kecil menghilangkan tombol Windows sebelah kanan sehingga tombol menu terletak diantara tombol Alt kanan dan Ctrl kanan.

Kalau Anda perhatikan tombol menu tidak memiliki tulisan "menu" diatasnya dan digantikan dengan gambar yang tampak seperti menu. Gambar tersebut tidak memiliki standarisasi sehingga akan terlihat berbeda pada keyboard yang berbeda tetapi tetap dapat memberitahu pengguna kalau tombol tersebut adalah menu.

Apa Fungsi dari Tombol Menu?

Tombol menu berfungsi untuk membuka konteks menu pada aplikasi yang sedang Anda jalankan, dan pada dasarnya mempunyai fungsi yang sama dengan tombol klik kanan pada mouse.

Coba Anda praktekkan sekarang. Tekan tombol menu ketika Anda membuka blog ini dan jendela konteks menu browser akan terbuka. Hal tersebut sama halnya ketika Anda menekan tombol klik kanan mouse pada browser.

Jika fungsinya sesederhana itu tentu Anda berfikir mengapa tombol tersebut dibuat padahal bisa dilakukan dengan mudah menggunakan  klik kanan mouse.

Inilah kelebihannya, fungsi tombol menu akan terasa sangat berguna ketika Anda kehilangan mouse atau menggunakan mouse yang tidak berfungsi tombol klik kanannya, nah tombol menu lah yang akan berperan menggantikannya.

Seperti yang saya bahas diatas tombol menu memungkinkan menggunakan konteks menu tanpa bantuan mouse. Caranya tekan tombol menu, gunakan panah atas atau bawah untuk memilih opsi, dan tekan Enter untuk mengaktifkannya.

Coba maksimalkan fungsinya dengan shortcut atau pintasan tombol keyboard. Sebagai contoh ketika Anda ingin menyalin semua teks pada dokumen Microsoft Word, buka dokumen tersebut lalu tekan tombol Ctrl + A selanjutnya tekan tombol menu dan gunakan panah atas bawah untuk memilih Copy dan terakhir tekan Enter untuk menyalin.
Penggunaan tombol menu
Penggunaan tombol menu pada aplikasi Ms. Word

Gimana, sekarang sudah tahu bukan fungsi tombol menu pada keyboard?
Terimakasih telah membaca artikel tentang Jarang yang Tahu, Ternyata ini Fungsi Tombol Menu pada Keyboard

You Might Also Like: