-->

Cara Jitu Mengatasi Komputer Nyala Sebentar Lalu Mati

Permasalahan seputar komputer memang sangat beragam, dari yang sederhana sampai masalah yang aneh-aneh sehingga penyelesaiannya harus memutar otak. Seperti yang saya alami kali ini sesuai judul diatas yaitu masalah komputer nyala sebentar lalu mati. Singkat cerita pagi ini saya kedatangan seorang teman yang membawa komputer untuk diperbaiki dengan permasalahan komputer cuma menyala tidak sampai satu detik lalu mati.

Motherboard + Heatsink Komputer
Motherboard + HSF

Langsung saja beberapa tindakan saya ambil.

1. Seperti biasa langkah awal yang saya kerjakan yaitu membersihkan bagian dalam komputer dari debu, karena seperti yang kita tahu bahwa debu dapat menyebabkan beberapa permasalahan komputer yang kadang tidak kita ketahui penyebabnya. Setelah itu saya nyalakan komputer, tetapi hasilnya komputer tetap menyala sebentar lalu mati.

2. Langkah kedua adalah cek PSU ( Power Supply Unit ). Karena belum punya alat pendeteksi kerusakan power supply, langkah sederhana yang saya ambil adalah dengan melakukan jumper pada pin power supply. Tujuannya adalah untuk memastikan apakah power supply tersebut  masih bekerja atau tidak.
untuk cara melalukan jumper pada pin power supply silakan menuju link dibawah.
Cara Sederhana Cek Power Supply

Setelah melakukan jumper ternyata kipas power supply masih menyala, jadi kesimpulan sementara kerusakan bukan pada power supply.

3. Langkah ketiga, saya bersihkan RAM dari debu kemudian saya pasang kembali, hasilnya juga nihil. Metode penggantian dengan RAM baru pun tidak membuahkan hasil.

4. Jadi bingung juga dimanakah gerangan letak permasalahannya. Setelah saya amati ternyata salah satu pengait kipas processor tidak terpasang dengan benar sehingga longgar. Diagnosa saya kerusakan ada pada processor karena dengan kipas yang agak miring pendinginan pada processor tidak bekerja dengan baik sehingga menyebabkan overheat pada processor.

Karena kebetulan saya punya tipe processor yang sama, langsung saja saya ganti dengan memasangnya tanpa thermal paste karena untuk pengecekan saja.
Komputer saya nyalakan, kipas PSU dan kipas heatsink menyala sampai sekitar 10 detik sebelum saya matikan paksa (takut overheat ^__^ ).
Problem solved!!! teriak saya dalam hati karena girang.

Langsung saja processor saya pasang lengkap dengan thermal paste, tidak lupa pengait pada heatsink juga saya pastikan terpasang dengan benar.

Inilah saat yang ditunggu, komputer saya nyalakan. Tapi  tunggu sebentar, apa yang terjadi?? kipas kembali menyala sebentar langsung mati.

Waduh... ternyata masalah belum selesai, bikin pusing juga nih.

5. Langkah terakhir...
Setelah sempat berpikir beberapa saat, saya teringat beberapa waktu lalu sempat mengganti PSU baru untuk sebuah komputer yang sebenarnya masih bisa berjalan tapi kadang sering restart, sering hang dan beberapa permasalahan lain.

Karena kebetulan lagi saya masih punya stok PSU baru, langsung saja saya pasang pada komputer yang memusingkan tersebut.

Komputer saya nyalakan lagi, ternyata jrengg.... Kipas PSU dan heatsink nyala terus, sampai windows booting tidak mati lagi.

Problem benar-benar solved!!!

Kesimpulan
Dengan melakukan test jumper pin pada PSU, meskipun kipas berputar normal belum tentu PSU tersebut betul-betul normal karena mungkin ada kerusakan pada komponen dalam PSU.

Ada baiknya kita punya alat untuk mendeteksi kerusakan pada PSU sehingga menghemat waktu kita dalam mencari penyelesaian pada sebuah komputer. Seperti pada masalah yang saya alami disini setelah mencari solusi beberapa kali dengan tidak membuahkan hasil, ternyata kerusakan ada pada power supply.

Semoga bermanfaat.

Terimakasih telah membaca artikel tentang Cara Jitu Mengatasi Komputer Nyala Sebentar Lalu Mati

You Might Also Like: