-->

Mengenal Bagian-Bagian Motherboard Komputer dengan Gambar dan Fungsinya

Motherboard atau dalam bahasa Indonesianya Papan Induk adalah komponen utama dari sebuah komputer. Motherboard mempunyai beberapa sebutan lain seperti Mainboard dan Mobo, tergantung kenyamanan kita dalam menyebutkannya tetapi semua merujuk pada komponen yang sama.

Seperti saya sebutkan diatas bahwa motherboard adalah komponen utama dari sebuah PC dimana didalamnya terdapat soket dan komponen PC lainnya yang disatukan membentuk sebuah sistem komputer diantaranya adalah Sistem BIOS (Basic Input Output System), Chipset, Soket Memory (RAM), Soket Kartu Grafis (VGA Card), Soket Processor, dan Soket Tambahan (Additional Cards seperti PCI).

Bagian-bagian Motherboard lengkap dengan gambar


Baiklah tanpa panjang lebar lagi, berikut adalah bagian-bagian dari Motherboard Komputer.

1. Soket Processor
Adalah bagian dari motherboard yang berfungsi sebagai dudukan dari CPU (Central Processing Unit) yang merupakan otak dari sebuah komputer.


Soket Processor
Soket Processor

2. Slot Memory / RAM
Slot RAM digunakan sebagai tempat penampungan memory modul komputer /RAM. Jumlah slot memory di setiap motherboard bervariasi mulai dari 2 pada motherboard biasa sampai 8 slot memory yang biasanya terdapat pada motherboard high end atau gaming.

Slot RAM
Slot Memory

3. Konektor Power
Tidak ada komponen komputer yang bisa beroperasi tanpa daya listrik, tidak terkecuali motherboard. Pada umumnya terdapat dua jenis konektor power yaitu AT yang biasanya digunakan pada komputer tipe lama, serta konektor ATX pada komputer keluaran sekarang.
Di sinilah konektor utama power supply terpasang, memberikan daya ke motherboard dan semua komponen lainnya. Biasanya motherboard baru memiliki konektor 4 pin atau 8 pin tambahan di dekat processor, yang digunakan untuk memasok daya tambahan secara langsung ke processor.

Konektor Power Supply
Konektor Power

4. Chipset
Chipset adalah salah satu komponen motherboard yang sangat penting karena berfungsi sebagai basis atau platform yang mendukung dan menyediakan koneksi transfer data processor, memori, AGP, PCI-E, PCI, disk drive, dan perangkat lainnya.

Jika melihat dalam motherboard, kemungkinan akan terlihat komponen logam persegi di suatu tempat biasanya di bagian kanan bawah. Komponen logam ini sebenarnya adalah heatsink, dan perannya adalah memberikan perlindungan termal untuk chipset.

Ada dua macam chipset dalam motherboard yaitu :
a. Chipset Northbridge - salah satu komponen motherboard yang paling penting. Chipset Northbridge bertanggung jawab untuk mengkoordinasikan arus data antara memori, kartu video dan prosesor. 
b. Chip sekunder, yang dikenal sebagai Southbridge, memiliki fungsi serupa, mengkoordinasikan arus data antara prosesor dan periferal seperti kartu suara atau kartu jaringan.

Chipset
Chipset

5. CMOS:(Complementary Metal Oxide Semi-conductor)
Merupakan salah satu chip penting pada motherboard, berisi kode dasar disebut BIOS (Basic Input Output System) yang dibutuhkan saat komputer booting.

Chip CMOS
Chip CMOS

6. Baterai CMOS
Keberadaan baterai cukup penting agar chip tetap menyala saat komputer tidak aktif. Fungsinya adalah mengatur waktu, tanggal, hard disk dan pengaturan konfigurasi lainnya dalam memori CMOS. Baterai CMOS berukuran kecil dan terpasang langsung ke motherboard.

Baterai CMOS
Baterai CMOS

7. Konektor IDE (Integrated Device Electronics)
Konektor ini digunakan untuk menyediakan konektivitas untuk perangkat penyimpanan dan drive optik. Antarmuka IDE agak ketinggalan jaman, jadi Anda tidak perlu heran jika melihat banyak motherboard baru tidak menyediakan jenis konektor ini.

Konektor IDE
Konektor IDE

8. Konektor SATA (Serial Advanced Technology Attachment)
Digunakan untuk menyediakan konektivitas untuk perangkat penyimpanan dan drive optik dengan antarmuka Serial ATA.
Antarmuka SATA yang lebih kecil dan jauh lebih cepat, yang saat ini mencapai revisi ke-3, mampu mencapai kecepatan maksimum hingga 600 MB/s, berlawanan dengan antarmuka IDE, yang hanya mencapai maksimum 133 MB/s.

Konektor SATA
Konektor SATA

9. Slot AGP (Accelerated Graphic Port)
Slot ini dirancang khusus untuk kartu grafis AGP, biasanya terdapat pada motherboard model lama sebelum adanya generasi PCI Express. Dirancang oleh Intel dan diperkenalkan pada Agustus 1997 AGP memperkenalkan saluran point-to-point khusus yang memungkinkan pengontrol grafis mengakses langsung ke memori sistem.

10. Slot PCI-Express (Peripheral Component Interconnect Express)
Slot ini terdapat pada motherboard model baru. PCI Express, yang sering terlihat disingkat PCIe atau PCI-E, adalah tipe standar koneksi untuk perangkat internal di komputer. PCI-Express diperkenalkan oleh Intel pada tahun 2004, dan saat ini merupakan standar kinerja terkini dan tertinggi untuk kartu ekspansi yang umumnya tersedia pada komputer modern dan dirancang untuk menggantikan PCI, PCI-X, dan AGP.

Slot PCI-Express
Slot PCE-Express

11. Slot PCI (Peripheral Component Interconnect)
Beberapa motherboard memiliki sejumlah slot PCI dari 1 sampai sekitar 6. Anda dapat memasukkan periferal yang berbeda pada slot PCI, seperti LAN Card , Sound Card, TV Tuner dll.

Slot PCI
Slot PCI

12. Port Panel Belakang

Port Panel Belakang
Port pada belakang motherboard

Berikut adalah port yang biasa terdapat pada belakang motherboard, sesuai dengan nomor pada gambar diatas.

1). PS/2 Port
Adalah port untuk menghubungkan mouse dan keyboard yang menggunakan konektor tipe PS/2. Port warna hijau biasanya untuk mouse sedangkan warna ungu untuk keyboard.

2). Port Serial
Adalah port pada komputer yang digunakan untuk menghubungkan perangkat serial ke komputer dan mampu mentransmisikan satu bit sekaligus. Dengan diperkenalkannya USB, FireWire, dan solusi yang lebih cepat lainnya, port serial sudah jarang digunakan. Selain itu, banyak komputer dan laptop baru tidak lagi memiliki port serial.

3). Port Parallel
Port paralel menggunakan konektor 25 pin (tipe DB-25) dan digunakan untuk menghubungkan printer dan perangkat lain yang membutuhkan bandwidth yang relatif tinggi dan mampu mentransmisikan beberapa bit data secara bersamaan. Seringkali disebut antarmuka Centronics setelah perusahaan yang merancang standar asli untuk komunikasi paralel antara komputer dan printer itu menjadi yang pertama memperkenalkan antarmuka ini.

4). Port Network
Adalah port pada peralatan jaringan komputer yang dihubungkan oleh kabel Ethernet. Tujuannya adalah untuk menghubungkan komputer satu dengan komputer lainnya lewat jaringan LAN. Port ini juga biasa digunakan untuk menyambungkan komputer dengan internet.

5). USB Port
Port USB adalah antarmuka koneksi kabel standar untuk komputer pribadi dan perangkat elektronik lainnya. USB adalah singkatan dari Universal Serial Bus, sebuah standar industri untuk komunikasi data digital jarak pendek . Port USB memungkinkan komputer dihubungkan dengan printer, scanner, flashdisk, keyboard, mouse dan perangkat lainnya dan mentransfer data digital melalui kabel USB.

Port Audio
6). Jack Line In (warna biru muda)
Untuk menghubungkan komputer ke sumber audio lainnya.

7). Line Out (warna lime)
Untuk menghubungkan komputer ke speaker atau headphone.

8). Microphone (warna pink)
Untuk menghubungkan komputer ke microphone.

Demikian artikel tentang mengenal bagian-bagian motherboard komputer lengkap dengan gambar dan fungsinya, semoga bermanfaat.
Terimakasih telah membaca artikel tentang Mengenal Bagian-Bagian Motherboard Komputer dengan Gambar dan Fungsinya

You Might Also Like: