-->

Cara Convert FAT32 ke NTFS Tanpa Kehilangan Data di Windows

FAT32 dan NTFS adalah dua sistem file yang berbeda yang dapat digunakan untuk memformat drive di Windows seperti hard disk dan flashdisk.

FAT32  adalah salah satu sistem file paling populer yang pernah digunakan pada semua jenis perangkat penyimpanan. FAT32 menggunakan struktur tabel alokasi berkas sebagai cara atau metode untuk beroperasi. Kata FAT  adalah singkatan dari File Allocation Table yang jika diterjemahkan secara bebas kedalam bahasa Indonesia menjadi Tabel Alokasi Berkas sedangkan 32 sebagai bagian dari namanya berasal dari fakta bahwa FAT32 menggunakan 32 bit data untuk mengidentifikasi kumpulan data pada perangkat penyimpanan.

NTFS yang merupakan singkatan dari New Technology File System adalah sistem berkas yang dibekalkan oleh Microsoft untuk sistem operasi Windows NT termasuk didalamnya Windows XP, Windows Vista dan Windows 7. NTFS adalah jenis sistem file yang menggunakan desain sederhana tapi mempunyai kemampuan yang lebih daripada sistem file FAT.

Convert FAT32 to NTFS
Ilustrasi convert FAT32 ke NTFS
Itulah sekilas gambaran tentang sistem file FAT32 dan NTFS. Kembali ke pokok bahasan artikel kali ini yaitu tentang cara convert sistem file FAT32 ke NTFS tanpa kehilangan data. Selain untuk hard disk cara ini juga bisa digunakan untuk media penyimpanan flashdisk dan bisa diterapkan pada sistem oprasi Windows 7, Windows 8 dan Windows 10. Pada tutorial ini saya menggunakan Windows 10. Anda harus masuk sebagai administrator untuk dapat mengonversi FAT32 ke NTFS.

1. Buka command prompt
Tekan tombol Windows + S untuk membuka kotak pencarian, ketik cmd, klik kanan pada command prompt yang muncul pada hasil pencarian, klik Run as administrator.
Ketik cmd pada kotak pencarian
Ketik cmd pada kotak pencarian
2. Setelah jendela command prompt terbuka, ketikkan perintah berikut dan tekan Enter.

convert <drive letter>: /fs:ntfs
Catatan: ganti <drive letter> pada perintah diatas dengan drive letter FAT32 yang ingin Anda convert menjadi NTFS. Sebagai contoh, jika drive letter pada komputer Anda adalah H maka yang harus diketik di jendela command prompt adalah: 
convert H: /fs:ntfs

Tunggu beberapa saat sampai proses selesai ditandai dengan tulisan conversion complete pada command prompt.
Proses convert FAT32 ke NTFS pada command prompt
Proses convet FAT32 ke NTFS
3. Tutup jendela command prompt dan cek drive Anda sudah berubah menjadi NTFS.

Demikian tutorial tentang cara convert FAT32 ke NTFS tanpa kehilangan data, mudah bukan. Selamat mencoba!
Terimakasih telah membaca artikel tentang Cara Convert FAT32 ke NTFS Tanpa Kehilangan Data di Windows

You Might Also Like: