-->

Mengatasi Komputer hidup sendiri saat terhubung dengan listrik

Beberapa hari yang lalu saya diminta seorang teman untuk betulin PCnya yang agak error. katanya begitu disambung dengan stop kontak listrik, komputer langsung nyala sendiri.

Kok bisa nyala sendiri? tanya temen saya. Wah saya juga baru pertama kali nemuin masalah kaya gini. Ada hantunya kali, kelakar saya. :D

Langsung aja deh beberapa analisa dan tindakan saya lakukan :


  1. Mungkin power supply nya udah ga bagus.
    Karena kebetulan dirumah ada PSU nganggur dan masih bagus, langsung saya ganti ke kompie yang error tersebut. Tapi setelah dihubungkan ke stop kontak masih juga nyala sendiri.
    Percobaan pertama GAGAL.  :(
  2. Mungkin ada kabel front panel yang kendor, terutama kabel Power SW.
    Saya cabut kabel front panel dari motherboard lalu saya pasang satu persatu.
    Langsung aja disambung ke stop kontak, waduh kok masih juga langsung nyala ya??
    Kirain masalah sepele, tapi bikin pusing juga nih.
    Percobaan kedua GAGAL lagi.  :(
  3. Langsung saya ingat bahwa segala setting komputer sebelum komputer hidup ada di BIOS termasuk setting Power management.
    Langung saya restart tuh kompie dan masuk pada BIOS. Disitu memang terdapat Power Management Setup dan terdapat setting yang aneh. Ketemu nih masalahnya pikir saya.
    Tapi daripada bingung setting mana yang dirubah, saya pikir lebih baik kembalikan aja setting BIOS ke kondisi default.
    Saya pilih setting Load Optimized default > Enter > Ketik Y > Enter
    Simpan settingan (F10) > restart dan matikan komputer.

Saatnya dihidupkan. Sambungkan ke stop kontak PLN.
taraa ternyata kompie ga nyala.. berarti berhasil?? ya iya dong!!  :)
Sekarang saat disambungkan langsung dengan listrik, komputer tidak langsung nyala. Kasus selesai.

Anda mungkin pernah mengalami hal serupa. jadi silakan dicoba tips diatas.
Terimakasih telah membaca artikel tentang Mengatasi Komputer hidup sendiri saat terhubung dengan listrik

You Might Also Like: