-->

Cara sederhana mematikan autorun windows


Ini adalah cara awal yang sederhana untuk melindungi komputer kita dari serangan virus, trojan ataupun malware sangat mengganggu kinerja komputer. Caranya adalah dengan mematikan sementara fitur autorun/autoplay bawaan windows.
Dalam kondisi default jika kita memasukkan CD/DVD atau mencolokkan flashdisk, kita akan mendapati jendela yang muncul untuk memulai proses instalasi software pada CD/DVD atau membuka isi flashdisk.Hal tersebut terjadi karena adanya fitur windows bernama autorun yang diatur sebuah file bernama autorun.inf.
Inilah yang dimanfaatkan virus atau program berbahaya lainnya untuk menginfeksi komputer kita.
Untuk mengatasi masalah tersebut kita bisa menonaktifkan autorun flashdisk atau removable media lainnya dengan mengedit registry komputer kita atau melalui seting group policy, namun kadang cara-cara ini dianggap rumit oleh sebagian orang.
Ada cara yang sangat sederhana untuk mematikan sementara fitur autorun windows yaitu dengan menahan tombol Shift segera setelah kita memasukkan CD, DVD atau flashdik ke komputer, tunggu beberapa saat sampai lampu indikator flashdisk atau DVD ROM berhenti berkedip dan tidak muncul jendela baru.
Itulah tips sederhana yang mungkin berguna, give it a try..
Tahan tombol shift
Tahan tombol shift
Terimakasih telah membaca artikel tentang Cara sederhana mematikan autorun windows

You Might Also Like: