-->

Dasar-Dasar Ilmu Komputer - Pengenalan

Ilmu Komputer adalah salah satu disiplin ilmu pengetahuan modern di mana dalam ilmu komputer dipelajari tentang berbagai aspek teknologi komputer, perkembangannya, dan aplikasinya di dunia saat ini. Demikian juga, Ilmu Komputer mencakup berbagai topik seperti pengembangan Teknologi Komputer (perangkat keras dan perangkat lunak), penerapan teknologi komputer dalam kehidupan sehari-hari, teknologi informasi, ancaman komputer, keamanan komputer, dll.

Konsep Dasar
Komputer pada dasarnya adalah mesin yang dapat diprogram yang mampu melakukan operasi aritmatika dan logis secara otomatis dan berurutan. Komputer juga dikenal sebagai pemroses data, karena dapat menyimpan, memproses, dan mengambil data sesuai keinginan pengguna.
Generasi awal komputer
Image by andreas160578 on Pixabay
Pemrosesan data tersebut melibatkan beberapa aktivitas diantaranya input data, manipulasi / pengolahan data, memberikan output (misal manajemen hasil output), serta data disusun secara teratur dan sistematis.

Pengertian Komputer
Kata "komputer" berasal dari istilah Latin "compute," yang berarti 'menghitung'. Awalnya, sistem komputer telah dirancang untuk menghitung sehingga disebut sebagai perangkat komputasi. Namun, seiring berjalannya waktu, perangkat ini secara teknis berkembang lebih modern hingga saat ini dapat melakukan berbagai pekerjaan yang diinginkan terlepas dari pemrosesan data.

Fungsi Utama Sistem Komputer
Berikut ini adalah fungsi utama dari sistem komputer :
  • Menerima perintah data sebagai input yang diberikan oleh pengguna.
  • Mengikuti instruksi dan menyimpan data yang diberikan oleh pengguna.
  • Memproses data sesuai instruksi yang diberikan oleh pengguna.
  • Memberikan hasil yang diinginkan dalam bentuk output
Fitur penting dari Sistem Komputer
Berikut ini adalah fitur penting dari Sistem Komputer :
  • Otomatis : Sistem operasi komputer bersifat otomatis, karena tidak diperlukan campur tangan manusia. Pengguna cukup memberikan perintah dan kemudian komputer akan melakukan pekerjaan yang diperintahkan secara otomatis.
  • Kecepatan : Tergantung pada kekuatan komputer, ketika bekerja komputer dapat mengambil Jutaan instruksi per detik.
  • Penyimpanan : Sistem komputer dapat menyimpan data dalam jumlah besar dalam format berbeda. Kapasitas penyimpanan sistem komputer biasanya dinyatakan dalam Kilobytes (KB), Megabytes (MB), Gigabytes (GB), dan Terabytes (TB).
  • Akurasi : Keakuratan sistem komputer sangat tinggi.
  • Serbaguna : Sistem komputer mampu melakukan berbagai tugas dari yang biasa sampai rumit.
  • Rajin : Komputer tidak lelah atau kehilangan konsentrasi (namanya juga mesin ^.^)
  • Keandalan : Sistem komputer selalu memberikan hasil yang akurat oleh karena itu keandalannya sangat tinggi.
  • Memori besar : Sistem komputer dapat memiliki berbagai macam memori yang dapat memanggil kembali data yang diinginkan kapan saja.
Perkembangan Sistem Komputer
Sistem Komputer saat ini telah berkembang setelah berabad-abad dengan upaya dari banyak intelektual yang menyumbangkan karya mereka selama periode waktu yang berbeda.

Abacus (kemungkinan besar) dianggap sebagai perangkat penghitungan yang paling awal.
Abacus adalah alat yang digunakan untuk membantu seseorang dalam melakukan perhitungan dan penghitungan matematika atau kita lebih mengenalnya dengan sebutan sempoa.
Sebelum komputer, kalkulator, atau bahkan aritmatika menggunakan kertas dan pensil, sempoa adalah perangkat paling canggih untuk menghitung angka.
Bahkan hingga hari ini oleh orang-orang tertentu sempoa masih digunakan sebagai perangkat penghitung utama atau sebagai cadangan dari perangkat penghitung yang lebih modern.

Sekarang mari sedikit kita bahas tentang para inovator yang berkontribusi besar dalam pengembangan sistem komputer.

John Napier
Napier adalah ahli matematika Skotlandia yang menemukan logaritma.
Lebih lanjut, Napier juga menemukan perangkat komputasi, yang terdiri dari stik dengan angka tercetak di atasnya. Napier menamai tongkat ‘tulang,’ karena terbuat dari tulang.

Blaise Pascal
Pascal adalah ahli matematika Prancis yang menemukan mesin berdasarkan roda gigi, yang sangat membantu dalam perhitungan.

Charles Babbage
Babbage adalah seorang Polymath Inggris, ahli matematika, teknisi mekanik, filsuf, dan penemu. Pada tahun 1822, ia mengembangkan mesin yang mampu menghitung perbedaan ekspresi berturut-turut dan menyiapkan tabel yang membantunya dalam perhitungannya.

Lady Ada Lovelace
Lovelace adalah ahli matematika Inggris, yang meneliti tentang karya Babbage. Dia telah memberikan konsep bahwa 'komputer dapat diprogram'.

John Atanstoff
Dengan bantuan Berry, John Atanstoff mengembangkan Komputer Berry Atanstoff (lebih populer sebagai ABC) pada tahun 1937. Ini menandai awal dari perkembangan komputer digital elektronik.

John Mauchly dan Eckart
Pada tahun 1947, John Mauchly dan Eckart mengembangkan Komputer Digital Elektronik skala besar pertama yang disebut dengan Electronic Numerical Integrator and Calculator (ENIAC).

Maurice V. Wilkes
Pada tahun 1949, Wilkes (di Universitas Cambridge) merancang Electronic Delay Storage Automatic Calculator (EDSAC). Itu adalah komputer pertama yang memulai sistem operasinya pada konsep program yang tersimpan.

Peran Komputer di Dunia Hari Ini
Saat ini untuk hampir setiap aktivitas baik pribadi atau yang terkait dengan bisnis (misalnya menjual produk) kita seringkali mengandalkan sistem komputer.

Seiring meningkatnya ketergantungan pada komputer, setiap organisasi dan perusahaan bisnis lainnya mulai menawarkan layanan berbasis komputer. Selain itu, kemajuan komunikasi, jaringan layanan elektronik, dan multimedia telah membuka pintu baru bagi perusahaan dengan menyediakan cara pemrosesan bisnis yang efektif seperti transfer pembayaran dan pengiriman layanan.

Keuntungan Komputer dalam Bisnis
Keuntungan utama dari menggunakan sistem komputer dalam bisnis diantaranya adalah :

1. Lebih Mandiri
Ketika komputer membantu membuat bisnis secara terotomatisasi, bisnis menjadi semakin mandiri. Kebutuhan untuk menempatkan tenaga manusia menjadi berkurang, karena dengan bantuan komputer sebagian besar pekerjaan dapat diotomatisasi. Salah satu contoh adalah pemesanan tiket secara online.

2. Potongan biaya
Dalam beberapa waktu terakhir sejumlah bisnis dikelola secara online. Oleh karena itu, tidak perlu membuka cabang bisnis di setiap kota karena memiliki satu inventaris terpusat dapat membuat bisnis lebih mudah dijalankan. Tidak lagi perlu menggunakan banyak tenaga manusia.

3. Pemasaran
Dengan penggunaan sistem komputer berbasis fasilitas Internet, sangat mudah untuk membuat bisnis global dalam periode waktu tertentu. Situs web, email, media sosial, iklan, dan lain-lain adalah alat penting dalam pemasaran online.

4. Kapasitas Penyimpanan Besar
Biasanya sebagian besar bisnis perlu menyimpan serta memelihara data dan catatan lainnya yang cukup besar. Secara manual sangat sulit untuk memelihara, tetapi dengan penggunaan komputer tidak hanya meningkatkan kapasitas penyimpanan, tetapi juga memfasilitasi pemrosesan dan pengambilan data kapan saja dan dimana saja.

5. Peningkatan Produktivitas dan Efisiensi
Karena sebagian besar tugas di hampir setiap industri telah terotomatisasi, sekarang menjadi lebih mudah untuk memproduksi sejumlah besar produk dalam waktu yang sangat singkat. Melalui teknologi komputer, layanan juga menjadi lebih cepat dan lebih mudah.

6. Akurasi tinggi
Nyaris tidak ada ruang lingkup kesalahan dalam sistem otomatis. Namun, jika kesalahan terjadi, sebagian besar merupakan kesalahan manusia misalnya kesalahan dalam menginput data.

7. Kemudahan Berbagi Data
Berbagi data sekarang menjadi sangat sederhana seperti halnya menghubungkan satu sistem komputer ke sistem lainnya.

8. Meningkatkan Sistem Keamanan
Komputer juga membantu menjaga keamanan data bisnis. Namun, keamanan ini juga dapat menghadapi ancaman. Misalnya, jika seseorang meretas sistem atau ada serangan virus yang dapat berpotensi merusak semua data yang diamankan.

Terimakasih telah membaca artikel tentang Dasar-Dasar Ilmu Komputer - Pengenalan

You Might Also Like: