-->

Cara Mudah Memperbaiki Komputer Hang

Mungkin suatu ketika anda pernah mengalami ketika sedang menjalankan sebuah aplikasi di komputer tiba-tiba komputer anda menjadi tidak responsif bahkan berhenti bekerja atau istilahnya hang, sehingga komputer anda tidak bisa digunakan lebih lanjut. Ketika hal tersebut terjadi anda tidak bisa membuka dan menutup aplikasi bersangkutan yang biasanya ditandai dengan mouse yang tersendat ketika digerakkan.

Ada banyak hal yang menyebabkan komputer menjadi hang baik itu dari sisi software maupun hardware, karena itu langkah terbaik untuk megatasinya adalah dengan menemukan penyebabnya terlebih dahulu.

Laptop hang
Ilustrasi

Tetapi disini saya hanya akan menjelaskan tentang masalah yang umum dialami dari sisi software dan cara penyelesaiannya secara mudah.

1. Tutup aplikasi yang menyebabkan hang

Cara ini bisa dilakukan jika kondisi hang yang dialami komputer masih ringan dan masih bisa digunakan untuk mengakses task manager.
Tekan tombol Ctrl+Alt+Del pada keyboard untuk membuka task manager. Pada Windows 7 tekan Ctrl+Shift+Esc untuk langsung membuka jendela task manager.
Pada tab Applications pilih aplikasi yang menyebabkan komputer menjadi hang biasanya ditandai dengan status not responding, lalu pilih End Task untuk menutup aplikasi secara paksa

Tutup aplikasi secara paksa
Tutup aplikasi menggunakan Task Manager

2. Restart Windows Explorer

Cara ini dilakukan jika Windows explorer berhenti tiba-tiba, macet dan tidak merespons.
Lakukan cara yang sama dengan langkah diatas untuk membuka jendela task manager.
Pada tab Process cari explorer.exe > klik End Process. Langkah tersebut akan menutup Windows Explorer.

Hentikan proses explorer.exe
Hentikan proses explorer.exe

Selanjutnya adalah memunculkan kembali Windows Explorer.
Masih dalam jendela Windows Task Manager, klik File > New Task (Run...) lalu pada jendela run, ketik explorer > klik OK. Maka Windows Explorer akan muncul kembali

Pilih New Task(Run...)
Pilih New Task(Run...)

Ketik explorer pada jendela run
Ketik explorer pada jendela run
Baca juga Cara Ampuh Mengatasi Windows Explorer Has Stopped Working 

3. Bersihkan komputer dari virus

Salah satu penyebab yang paling umum sehingga komputer berjalan lambat bahkan sampai menyebabkan hang adalah virus. Karena itu penting untuk mengetahui cara membersihkan virus yang bersarang dalam komputer. Update antivirus anda secara berkala, karena sebagus apapun antivirus kalau tidak pernah diupdate maka antivirus tersebut tidak akan berdaya membersihkan virus-virus yang berbahaya.

4. Batasi aplikasi yang berjalan dalam satu waktu

Dalam hal ini anda perlu mengetahui besarnya RAM yang terinstall dalam komputer sehingga bisa meminimalisir resiko komputer hang yang disebabkan RAM tidak bisa menampung banyak aplikasi yang berjalan dalam satu waktu. Perlu diingat bahwa setiap aplikasi yang berjalan menggunakan RAM sebagai memori utama, sehingga semakin banyak aplikasi yang berjalan lambat laun akan memenuhi dan memperlambat kinerja RAM.
Cara yang paling bijak adalah membuka beberapa aplikasi yang benar-benar diperlukan.

5. Restart Komputer

Lakukan cara ini sebagai solusi terakhir yang cukup ampuh jika cara-cara yang saya tulis diatas atau cara lainnya tidak menyelesaikan masalah.

Itulah beberapa cara mudah yang bisa anda coba untuk memperbaiki komputer hang, mudah-mudahan bermanfaat.

Terimakasih telah membaca artikel tentang Cara Mudah Memperbaiki Komputer Hang

You Might Also Like: