-->

Cara Sederhana Cek Power Supply Hidup atau Mati

Power Supply adalah perangkat keras yang berfungsi menyuplai arus listrik yang dibutuhkan perangkat keras lainnya dalam komputer. Jadi power supply adalah perangkat yang sangat penting karena tanpanya sebuah komputer tidak akan bisa bekerja.

Pernahkan anda mendapatkan komputer anda mendadak mati, tidak menunjukkan tanda-tanda kehidupan meskipun ditekan tombol power berulang-ulang? Jangan buru-buru menyimpulkan kerusakan pada mainboard karena bisa jadi power supply anda yang bermasalah.
Power Supply ATX 24 Pin
Power Supply ATX 24 Pin
Berikut cara sederhana mengecek apakah power supply komputer anda masih hidup atau tidak. Yang saya contohkan disini adalah power supply jenis ATX yang memiliki 20+4 pin.
  • Siapkan jumper, anda bisa membuatnya menggunakan kabel dengan panjang kurang lebih 5 cm yang kedua ujungnya dikelupas sedikit kemudian dibengkokkan. 
    Kabel Jumper
    Jumper dari kabel bekas
  • Cabut kabel power dari sumber listrik.
  • Lepas konektor power supply yang menempel pada semua perangkat.
  • Cari kabel warna hijau dan kabel warna hitam. Kabel warna hijau berfungsi sebagai Power Switch ON sedangkan warna hitam adalah Ground. 
    Konektor Power Supply
    Penampang Konektor Power Supply
  • Masukkan salah satu ujung kabel jumper yang telah kita buat tadi pada pin konektor power supply yang berwarna hijau.
  • Masukkan ujung lainnya pada pin yang berwarna hitam, anda boleh pilih salah satu karena ada banyak kabel warna hitam pada konektor power supply. 
    Cara Memasukkan Kabel Jumper
    Cara memasukkan kabel jumper ke konektor Power Supply
  • Langkah terakhir sambungkan power supply dengan sumber listrik.
Jika kipas power supply bisa berputar berarti power supply tersebut masih hidup, artinya dalam kondisi baik. Jika kipas power supply tidak berputar maka anda bisa mempertimbangkan untuk membeli power supply baru. 

Demikian tips sederhana mengecek power supply, semoga bisa membantu.
Terimakasih telah membaca artikel tentang Cara Sederhana Cek Power Supply Hidup atau Mati

You Might Also Like: