-->

Cara Mudah Mengembalikan Data Flashdisk yang Disembunyikan Virus

Adakalanya ketika kita menancapkan flashdisk ke komputer yang terkena virus, data pada flashdisk tersebut menjadi hilang. Sebenarnya data tidak hilang melainkan disembunyikan oleh virus.
Untuk mengatasi masalah ini sangat mudah dan sederhana, tetapi sebagian orang akan menjadi panik apalagi kalau didalamnya terdapat data-data penting yang harus segera dipakai.
Oke tanpa panjang lebar, berikut caranya:

  • Tancapkan flashdisk yang datanya hilang tersebut ke PC/laptop yang bebas virus. Lihat pada Windows Explorer, ingat drive letter dari flashdisk kita. Dalam contoh kali ini drive letter flashdisk saya adalah J. 
    Drive letter flashdisk
    Drive letter flashdisk
  • Klik start menu > pada kotak pencarian ketik CMD 
    Ketik CMD
    Ketik CMD pada kolom search

  • Klik cmd.exe yang muncul, akan tampak jendela Command Prompt seperti ini. Nama user nantinya berbeda tergantung user pada PC/Laptop anda.
    Jendela CMD
    Jendela Command Prompt
  • Ketik J:  lalu tekan enter ( J adalah drive letter dari flashdisk kita, sesuaikan dengan drive letter flashdisk anda) > ketik attrib -r -h -s /s /d > enter > tunggu beberapa saat  Command Prompt melaksanakan tugasnya. Lamanya proses tergantung ukuran file yang terhidden, biasanya tidak sampai 1 menit untuk ukuran file dibawah 8 GB. 
    Proses pengembalian data
    Proses pengembalian data flashdisk
  • Sekarang tutup Command Prompt dan buka flashdisk anda.
  • Selesai, data flashdisk yang tadinya tersembunyi akan muncul kembali.
Terimakasih telah membaca artikel tentang Cara Mudah Mengembalikan Data Flashdisk yang Disembunyikan Virus

You Might Also Like: